The most important thing in life is not the triumph but the struggle - Habibie

Gunung Welirang Via Teretes

Jauh-jauh hari aku dan fahmi sudah merencanakan perjalanan menuju gunung welirang. H-1 pada malam hari kita ketambahan satu orang personil lagi yaitu zia. Fix bertiga kami akan melakukan pendakian gungung welirang via teretes. Dari malang menuju teretes kami menggunakan sepeda motor, jarak tempuh malang-teretes sekitar 1 jam 30 menit.

Setelah persiapan lengkap dari tenda, sleeping bag, nesting, logistik dan lain-lain pagi hari sekitar jam 8 kami berangkat menuju teretes. Basecamp gunung arjuna-welirang di teretes terletak di belakang hotel surya teretes. Kami sampai di basecamp sekitar jam 11 dan start melakukan pendakian jam 12 siang. Rencananya kami akan bermalam di area pondokan.

Basecamp - Kokopan

Tujuan awal adalah menuju kokkopan, dimana terdapat sumber air yang melimpah. Selama perjalanan menuju kokopan kami ditemani hujan yang bikin pendakian semakin asik. Penting nya personil atau patner saat mendaki adalah bisa saling lepas tawa di kondisi yang tidak kondusif. Perjalanan menuju kokopan bisa dibilang cukup terjal dengan medan bebatuan, karena jalur teretes ini adalah jalur aktif bagi para penambang belerang.

Kokopan - Pondokan

Sampailah di kokopan sekitar jam setengah 3 sore, gelar matras dan siap untuk makan. Kita istirahat di kokopan cukup lama disana karena lagi-lagi disapa oleh hujan, kita menunggu cuaca yang agak kodusif untuk melanjutkan perjalanan. Sekitar jam setengah 5 kami berangkat dari kokopan menuju pondokan. Sebagai informasi pondokan merupakan pondok-pondok tempat singgah para penambang belerang serta tempat pengepulan belerang yang telah dibawah dari kawah gunung welirang. Kita Sampa di area sebelum pondokan  sekitar jam setengah 9 malam dan siap menggelar tenda untuk bermalam.

Pondokan - Puncak

Summit attack, yap sekitar jam 5 pagi kami memulai perjalanan menuju puncak welirang. Pada saat ke puncak personil yang berangkat yaitu aku dan zia, dikarenakan kondisi fisik yang menurun akibat hujan fahmi memilh untk stay di tenda.  Normalnya kami akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam.

Ditengah-tengah keasikan melakukan perjalanan menuju puncak welirang, kami bertemu dengan pendaki lain yang menawarkan hal cukup menarik. Di area sebelum memasuki lembah kidang kami mendapat tawaran untuk melakukan potong kompas, dimana akan mempersingkat waktu tempuh perjalanan. Kami pun segera meimplemntasikan saran dari pendaki tersebut, dan memang waktu nya lebih singkat dan view yang didapat sangat worth it.

Here we go,  gunung welirang :

"All journeys have secret destinations of which the traveller is unaware - Martin Buber."

Find a place inside where there's joy, and the joy will burn out the pain.
Read more at: https://www.brainyquote.com/quotes/topics/topic_positive.html

"Find a place inside where there's joy, and the joy will burn out the pain - Joseph Campbell."

"See the world. It's more fantastic than any dream made or paid for in factories. Ask for no guarantees, ask for no security. - Ray Bradbury"

Puas meabadikan momen di gunung ketinggian  3156 mdpl ini kami turun menuju tempat tenda. Kita sampai di tenda sekitar jam 11 siang. Disana kami istirahat  dan makan besar pasca summit. Dari pondokan kita turun sekitar jam 2 siang, lalu sampai di basecamp sekitar jam 7 malam. Puas istirahat, bersih-bersih badan dan makan besar kami pun pulang menuju kota tempat kita mencari ilmu yaitu malang.

1. widih habibie ini anak gunung ternyata,
    boleh dong kapan2 kalo saya main ke malang ajakin muncak. hehehe
    salam kenal ;)

1. haha, siap bang kabar" aja hehe, yuhuu salam kenal

2. Itu tepatnya tanggal berapa gan muncaknya..? Kok cuacanya pas mulai pendakian g begitu bagus..

Untung aja pas di puncak cuacanya cerah..

3. jalan jalan dulu,
    jangan lupa mampir di mari om: https://alfin-rico.blogspot.com/2018/06/10-gadget-layak-ditunggu-di-2018-tahun.html